BAB 4
PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI
4.1 Gambaran Umum
Aplikasi Sistem Informasi Persediaan Barang
Gambaran umum membuat aplikasi ini menggunakan NetBeans IDE 8.1 dan database yang
dibuat menggunakan MySQL. Database dalam MySQL ini digunakan untuk menampung
data yang akan di input. Pada saat aplikasi ini dijalankan, terdapat tampilan
login kemudian tampilan menu utama yang di dalamnya terdapat:
1.
Input Barang Masuk
Di dalam input barang masuk berisikan mengenai barang yang
masuk ke dalam gudang.
2.
Input Barang Keluar
Di dalam barang keluar berisikan mengenai barang yang keluar
dari gudang.
3.
Laporan Barang
Laporan Barang akan bisa diakses setelah form barang masuk
form barang keluar selesai di isi.
4.2. LangkahPembuatanAplikasi
Pada langkah pembuatan aplikasi,
Penulis dimulai dari cara pembuatan database, data pembuatan aplikasi dan cara pembuatan
laporan.
4.2.1 Pembuatan
Database
Dalam pembuatan aplikasi
ini menggunakan MySQL dengan nama database transkip nilai dan table dapat dibuat
dengan langkah – langkah sebagai berikut:
Aktifkan Apache dan MySQL padaXampp Control
Panel dengan cara Klik Start
Gambar 3.1 Tampilan Xampp
4.2.2 PembuatanAplikasi
Langkah – langkah yang
harus dilakukan dalam membuat aplikasi menggunakan NetBeans IDE 8.1 di
antaranya:
a) Buka
NetBeans IDE 8.1.
b) Dipilih
New Project.
c) Dipilih
Java setelah masuk pilih Java Application.
d) Diberikan
Project Name Penulisan Ilmiah.
e) Diklik
next.
Gambar 3.2Tampilan New Project
Gambar 3.3 Tampilan Pemberian Nama
Project
4.2.3Menambah Form
Cara untuk menambahkan Form yaitu:
Cara untuk menambahkan Form yaitu:
Klik
Kanan Project pilih JFrameFrom untuk membuat frame dan JDiaglog From untuk
membuat kotak dialog. Kemudian pilih Form sesuai kebutuhan, berikan nama yang
diinginkan kemudian klik OK.
Gambar 3.4 Add Form
4.2.4 Pembuatan
Form Login
Langkah
– langkah membuat form Login yaitu:
1. Untuk
judul pada form login tarik label pada Component Palette, buat 2 label dan
diubah nama teks nya pada properties menjadi “PT DACAN LESTARI SEJAHTERA” dan “SILAHKAN LOGIN”.
2. Tarik
label pada Component Palette, buat 2 label dan diubah nama teks nya pada
properties menjadi “Username” dan
“Password”.
3. Tarik
textfield pada Component Palette,
buat 2 textfield. Pada properties
kosongkan teksnya.
4. Tarik checkbox pada Component Palette, buat 1
checkbox. Pada properties kemudian
diubah nama teksnya menjadi “show
password”.
5. Tarik
button pada Component Palette, buat 2
button, Pada properties kemudian diubah
nama teksnya pada properties menjadi “LOGIN” dan “CANCEL”.
Gambar 3.5 Output Login
4.2.5Pembuatan Form Menu Utama
Langkah
– langkah membuat form Menu Utama yaitu:
a. Untuk
judul pada form menu utama tarik label pada Component Palette, buat 1 label dan diubah nama teks nya pada
properties menjadi “PT DACAN LESTARI SEJAHTERA”.
b. Tarik
menubar pada Component Palette buat 1
menubar, kemudian tambahkan item
“Data Barang” dan “About”.
c. Tarik
button pada Component Palette, buat 4
button, kemudian diubah nama teksnya
pada properties menjadi “BARANG MASUK”,”BARANG KELUAR”,”LAPORAN BARANG” dan
“Logout”.
Gambar 3.6 Output Form Menu Utama
4.2.6Pembuatn Form Input Barang
Masuk
Langkah
– langkah membuat form Input Barang Masuk yaitu:
1. Untuk
judul pada form menu utama tarik label pada Component Palette, buat 1 label dan diubah nama teks nya pada
properties menjadi “SILAHKAN MASUKKAN DATA BARANG MASUK”.
2. Tarik
menubar pada Component Palette buat 1
menubar, kemudian tambahkan item
“Data Barang” dan “About”.
3. Tarik
8 label, 2 textfield, 1 JDateChooser, 3
combobox dan 5 button
pada Component Palette.
4. Ubah
nama label menjadi “Pilih Kode
Barang” , ”Kode Barang” , ”-Pilih Kode Barang-” , “Asal Barang” , “Stok Akhir
Barang” , “Tanggal Barang Masuk” , “Jumlah Barang Masuk” dan “Ukuran Barang”.
5. Untuk
2 textfield. Pada properties
kosongkan teksnya.
6. Untuk
2 combobox. Pada properties untuk combobox
Asal Barang masukkan data ” Jepang” , ”Thailand” , ”Produksi CTRG” untuk combobox Ukuran Barang masukkan data “Bottle”
, “Drum” , ”Pail” , “CANS” , ”CTRG”.
7. Untuk
5 button. ubah nama teksnya pada
properties menjadi “Save”,”New”,”Modify”,”Delete”, dan “Exit”.
Gambar 3.6 Output Barang Masuk
4.2.7 Pembuatn Form Input Barang
Keluar
Langkah
– langkah membuat form Input Barang Keluar yaitu:
1. Untuk
judul pada form menu utama tarik label pada Component Palette, buat 1 label dan diubah nama teks nya pada
properties menjadi “SILAHKAN MASUKKAN DATA BARANG KELUAR”
2. Tarik
menubar pada Component Palette buat 1
menubar, kemudian tambahkan item
“Data Barang” dan “About”.
3. Tarik
11 label, 5 textfield, 1 JDateChooser, 3combobox
dan 5 button pada
Component Palette.
4. Ubah
nama label menjadi “Id Transaksi” , ”Id
Customer” , ”Silahkan Pilih Kode Barang” , “Kode Barang” , “-Pilih Kode Barang-”
“Asal Barang” , “Stok Awal Barang” , “Tanggal Barang Keluar”, “Jumlah Barang
Keluar” , “Ukuran Barang” dan ”Keterangan” Untuk 5 textfield. Pada properties kosongkan teksnya.
5. Untuk
3 combobox. Pada properties untuk combobox Kode Barang masukkan data PS
353 W
,”PB
353-98”,”PG 435-40”,”PS 551”,”PC 1556 A”,”PC 1063”,”PC 1559A-T”,”PS 1559A-T”,”PC
1625-T”,”PC 1548 D”,”PC SH 320 D”,”PC SH 320 T”,”PC 1081 L”,”PC 379”,”PS 560 T”,”PC
378”,”PS 15577-T”,”PC 321”,”PS 560-T”,”PC SH-3200 D”,”PC 1559 AT”,”PC 1087 GT”,“PC
350 T” untuk combobox Asal Barang
masukkan data ” Jepang” , ”Thailand” , ”Produksi CTRG” untuk combobox Ukuran Barang masukkan data “Bottle”
, “Drum” , ”Pail” , “CANS” , ”CTRG”.
6. Untuk
5 button. ubah nama teksnya pada
properties menjadi “Save”,”New”,”Modify”,”Delete”, dan “Exit”.
Gambar 3.7 Output Input Barang
Keluar
4.2.8 Pembuatan Laporan
Berikut ini langkah-langkah untuk membuat form laporan dengan menggunakan
IReport :
1. Dipilih add new item kemudian Report Wizard.
2. Pada tampilan Layout pilih blank A4 setelah itu klik next.
3. Diberikan File Name laporanbarang.jrxml lalu diklik next.
4. Kemudian dipilih Design
Query dan pilih table barang keluar lalu diklik next.
5. Masukkan
field “id_transaksi” , ”id_customer” , ”kode_barang” , “ ukuran_barang” ,
“asal_barang” , “stok_awal_barang” , “ stok_akhir_barang” dan “total_stok” lalu diklik next.
6. Setelahitu dipilih finish untuk memulai design report.
7. Laporan berhasil disiapkan, kemudian diatur beberapa komponen sebagai
format pembuatan laporan yang sesuai dengan permintaan.
8. Langkah selanjutnya adalah memanggil laporan yang telah dibuat melalui
Report Inspector.
9. Lalu dipilih field kemudian masukkan semua field ke dalam laporan.
10. Kemudian atur letak field sesuai dengan permintaan.
11. Kemudian tambahkan static text untuk pembuatan judul laporan.
12. Kemudian
tambahkan line sebagai pembatas pada laporan.
13. Kemudian
tambahkan Page X of Y sebagai pemberian halaman pada
laporan.
14. Di klik Save and Close.
15. Maka hasil yang ditampilkan dari pembuatan Form Laporan dapat dilihat
pada Gambar 3.8.
BAB 5
KESIMPULAN DAN SARAN
5.1 KESIMPULAN
Berdasarkan hasil pembuatan aplikasi mengenai ”Aplikasi Persediaan Stok Barang Pada Perusahaan Distibutor Otomotif Menggunakan Netbeans IDE 8.0.2 dan Mysql
database” yang dilakukan melalui observasi dan wawancara . Penulis menyimpulkan bahwa persediaan barang pt dacan lestari sejahtera itu dapat dilihat beberapa faktor yaitu :
1. Faktor mengenai proses perhitungan dan pengecekan
persediaan barang pada “PT Dacan Lestari Sejahtera” yang akan meningkatkan tingkat ke akuratan dalam perhitungan barang.
5.2 SARAN
Berdasarkan kesimpulan yang di tarik dari hasil analisis data, maka penulis mencoba memberikan rekomendasi sebagai berikut :
1. peningkatan sdm pada bagian stock.
2. ketelitian dalam penginputan data barang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar