Sabtu, 02 Juli 2016

BAB 4
PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI

4.1 Gambaran Umum Aplikasi Sistem Informasi Persediaan Barang

            Gambaran umum membuat aplikasi ini menggunakan NetBeans IDE 8.1 dan database yang dibuat menggunakan MySQL. Database dalam MySQL ini digunakan untuk menampung data yang akan di input. Pada saat aplikasi ini dijalankan, terdapat tampilan login kemudian tampilan menu utama yang di dalamnya terdapat:
1.      Input Barang Masuk
Di dalam input barang masuk berisikan mengenai barang yang masuk ke dalam gudang.
2.      Input Barang Keluar
Di dalam barang keluar berisikan mengenai barang yang keluar dari gudang.
3.      Laporan Barang
Laporan Barang akan bisa diakses setelah form barang masuk form barang keluar selesai di isi.

4.2. LangkahPembuatanAplikasi

            Pada langkah pembuatan aplikasi, Penulis dimulai dari cara pembuatan database, data pembuatan aplikasi dan cara pembuatan laporan.

4.2.1 Pembuatan Database

            Dalam pembuatan aplikasi ini menggunakan MySQL dengan nama database transkip nilai dan table dapat dibuat dengan langkah – langkah sebagai berikut:
Aktifkan Apache dan MySQL padaXampp Control Panel dengan cara Klik Start


Gambar 3.1 Tampilan Xampp

4.2.2 PembuatanAplikasi

            Langkah – langkah yang harus dilakukan dalam membuat aplikasi menggunakan NetBeans IDE 8.1 di antaranya:

a)      Buka NetBeans IDE 8.1.
b)      Dipilih New Project.
c)      Dipilih Java setelah masuk pilih Java Application.
d)     Diberikan Project Name Penulisan Ilmiah.
e)      Diklik next.
Gambar 3.2Tampilan New Project

Gambar 3.3 Tampilan Pemberian Nama Project

4.2.3Menambah Form

Cara untuk menambahkan Form yaitu:

Klik Kanan Project pilih JFrameFrom untuk membuat frame dan JDiaglog From untuk membuat kotak dialog. Kemudian pilih Form sesuai kebutuhan, berikan nama yang diinginkan kemudian klik OK.

Gambar 3.4 Add Form

4.2.4 Pembuatan Form Login

Langkah – langkah membuat form Login yaitu:

1.      Untuk judul pada form login tarik label pada Component Palette, buat 2 label dan diubah nama teks nya pada properties menjadi “PT DACAN LESTARI SEJAHTERA”  dan “SILAHKAN LOGIN”.
2.      Tarik label pada Component Palette, buat 2 label dan diubah nama teks nya pada properties menjadi “Username”  dan “Password”.
3.      Tarik textfield pada Component Palette, buat 2 textfield. Pada properties kosongkan teksnya.
4.      Tarik checkbox pada Component Palette, buat 1 checkbox. Pada properties kemudian diubah nama teksnya menjadi “show password”.
5.      Tarik button pada Component Palette, buat 2 button, Pada properties kemudian diubah nama teksnya pada properties menjadi “LOGIN” dan “CANCEL”.



Gambar 3.5 Output Login 


4.2.5Pembuatan Form Menu Utama

Langkah – langkah membuat form Menu Utama yaitu:

a.       Untuk judul pada form menu utama tarik label pada Component Palette, buat 1 label dan diubah nama teks nya pada properties menjadi “PT DACAN LESTARI SEJAHTERA”.
b.      Tarik menubar pada Component Palette buat 1 menubar, kemudian tambahkan item “Data Barang” dan “About”.
c.       Tarik button pada Component Palette, buat 4 button, kemudian diubah nama teksnya pada properties menjadi “BARANG MASUK”,”BARANG KELUAR”,”LAPORAN BARANG” dan “Logout”.



Gambar 3.6 Output Form Menu Utama

4.2.6Pembuatn Form Input Barang Masuk

Langkah – langkah membuat form Input Barang Masuk yaitu:

1.      Untuk judul pada form menu utama tarik label pada Component Palette, buat 1 label dan diubah nama teks nya pada properties menjadi “SILAHKAN MASUKKAN DATA BARANG MASUK”.
2.      Tarik menubar pada Component Palette buat 1 menubar, kemudian tambahkan item “Data Barang” dan “About”.
3.      Tarik 8  label, 2 textfield, 1 JDateChooser, 3 combobox  dan 5 button pada Component Palette.
4.      Ubah nama label menjadi “Pilih Kode Barang” , ”Kode Barang” , ”-Pilih Kode Barang-” , “Asal Barang” , “Stok Akhir Barang” , “Tanggal Barang Masuk” , “Jumlah Barang Masuk” dan “Ukuran Barang”.
5.      Untuk 2 textfield. Pada properties kosongkan teksnya.
6.      Untuk 2 combobox. Pada properties  untuk combobox Asal Barang masukkan data ” Jepang” , ”Thailand” , ”Produksi CTRG” untuk combobox Ukuran Barang masukkan data “Bottle” ,  “Drum” , ”Pail” , “CANS” , ”CTRG”.
7.      Untuk 5 button. ubah nama teksnya pada properties menjadi “Save”,”New”,”Modify”,”Delete”, dan “Exit”.


Gambar 3.6 Output Barang Masuk

4.2.7 Pembuatn Form Input Barang Keluar

Langkah – langkah membuat form Input Barang Keluar yaitu:

1.      Untuk judul pada form menu utama tarik label pada Component Palette, buat 1 label dan diubah nama teks nya pada properties menjadi “SILAHKAN MASUKKAN DATA BARANG KELUAR”
2.      Tarik menubar pada Component Palette buat 1 menubar, kemudian tambahkan item “Data Barang” dan “About”.
3.      Tarik 11 label, 5 textfield, 1 JDateChooser, 3combobox  dan 5 button pada Component Palette.
4.      Ubah nama label menjadi “Id Transaksi” , ”Id Customer” , ”Silahkan Pilih Kode Barang” , “Kode Barang” , “-Pilih Kode Barang-” “Asal Barang” , “Stok Awal Barang” , “Tanggal Barang Keluar”, “Jumlah Barang Keluar” , “Ukuran Barang” dan ”Keterangan” Untuk 5 textfield. Pada properties kosongkan teksnya.
5.      Untuk 3 combobox. Pada properties untuk combobox Kode Barang masukkan data PS 353 W
,”PB 353-98”,”PG 435-40”,”PS 551”,”PC 1556 A”,”PC 1063”,”PC 1559A-T”,”PS 1559A-T”,”PC 1625-T”,”PC 1548 D”,”PC SH 320 D”,”PC SH 320 T”,”PC 1081 L”,”PC 379”,”PS 560 T”,”PC 378”,”PS 15577-T”,”PC 321”,”PS 560-T”,”PC SH-3200 D”,”PC 1559 AT”,”PC 1087 GT”,“PC 350 T” untuk combobox Asal Barang masukkan data ” Jepang” , ”Thailand” , ”Produksi CTRG” untuk combobox Ukuran Barang masukkan data “Bottle” ,  “Drum” , ”Pail” , “CANS” , ”CTRG”.
6.      Untuk 5 button. ubah nama teksnya pada properties menjadi “Save”,”New”,”Modify”,”Delete”, dan “Exit”.



Gambar 3.7 Output Input Barang Keluar

4.2.8 Pembuatan Laporan

Berikut ini langkah-langkah untuk membuat form laporan dengan menggunakan IReport :

1.      Dipilih add new item kemudian Report Wizard.
2.      Pada tampilan Layout pilih blank A4 setelah itu klik next.
3.      Diberikan File Name laporanbarang.jrxml lalu diklik next.
4.      Kemudian dipilih Design Query dan pilih table barang keluar lalu diklik next.
5.      Masukkan field “id_transaksi” , ”id_customer” , ”kode_barang” , “ ukuran_barang” , “asal_barang” , “stok_awal_barang” , “ stok_akhir_barang” dan “total_stok” lalu diklik next.
6.      Setelahitu dipilih finish untuk memulai design report.
7.      Laporan berhasil disiapkan, kemudian diatur beberapa komponen sebagai format pembuatan laporan yang sesuai dengan permintaan.
8.      Langkah selanjutnya adalah memanggil laporan yang telah dibuat melalui Report Inspector.
9.      Lalu dipilih field kemudian masukkan semua field ke dalam laporan.
10.  Kemudian atur letak field sesuai dengan permintaan.
11.  Kemudian tambahkan static text untuk pembuatan judul laporan.
12.  Kemudian tambahkan line sebagai pembatas pada laporan.
13.  Kemudian tambahkan Page  X of Y sebagai pemberian halaman pada laporan.
14.  Di klik Save and Close.
15.  Maka hasil yang ditampilkan dari pembuatan Form Laporan dapat dilihat pada Gambar 3.8.


Gambar 3.8 Form Laporan Barang


BAB 5 
KESIMPULAN DAN SARAN


5.1 KESIMPULAN
Berdasarkan hasil pembuatan aplikasi mengenai ”Aplikasi Persediaan Stok Barang Pada Perusahaan Distibutor Otomotif  Menggunakan Netbeans IDE 8.0.2 dan Mysql database” yang dilakukan melalui observasi dan wawancara . Penulis menyimpulkan bahwa persediaan barang pt dacan lestari sejahtera itu dapat dilihat beberapa faktor yaitu :

1. Faktor mengenai proses perhitungan dan pengecekan persediaan barang pada “PT Dacan Lestari Sejahtera” yang akan meningkatkan tingkat ke akuratan dalam perhitungan barang.

5.2 SARAN

Berdasarkan kesimpulan yang di tarik dari hasil analisis data, maka penulis mencoba memberikan rekomendasi sebagai berikut :

1. peningkatan sdm pada bagian stock.
2. ketelitian dalam penginputan data barang.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar